6 Cara Memasukkan Produk ke Supermarket Terbaru

Cara Memasukkan Produk ke Supermarket – Memasukan sebuah produk ke supermarket ternama merupakan salah satu impian bagi para pemilik produk. Supermarket yang terkenal dengan jumlah pembeli yang banyak menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang untuk memasukan produknya ke supermarket.

Selain itu, produk yang anda miliki juga akan lebih dikenal secara luas oleh masyarakat. Yang menjadi pertanyaan yaitu bagaimana cara memasukkan produk ke Supermarket?

Menurut sebagian orang yang sudah berpengalaman dalam bidang retail, Supermarket memiliki beberapa persyaratan dan permintaan agar produk tersebut bisa dimasukan ke Supermarket.

Beberapa nama supermarket yang terkenal di Indonesia seperti, Superindo, Hyermart, Carrefour, Giant, menjadi salah satu supermarket yang banyak dikunjungi oleh pembeli. Supermarket diatas sudah melalang buana dalam bisnis retail di Indonesia.

Pada artikel ini, Sarjana Tua akan membahas tentang Cara Memasukkan Produk ke Supermarket. Berikut beberapa syarat yang harus Anda penuhi agar bisa menjual produk di Supermarket.

Cara Memasukan Produk ke Supermarket

6 Cara Memasukkan Produk ke Supermarket Terbaru
Image Source: pixabay.com

Sebelum memasarkan produk anda ke supermarket, terdapat beberapa ketentuan Administrasi yang jelas dan harus dipenuhi agar bisa menjadi Supplier atau Pemasok.

Beberapa syarat administrasi seperti, surat kelengkapan Usaha serta Produk yang memiliki izin dan deskripsi yang jelas. berikut ini adalah beberapa syarat dan ketentuan yang harus anda penuhi:

1. Mengantongi Legalitas

Syarat pertama yang harus Anda penuhi untuk memasukan produk ke supermarket adalah mengantongi Legalitas. Legalitas adalah semacam perizinan resmi terhadapat produk atau usaha Anda. Jika sudah memiliki izin usaha. Maka anda bisa mencoba memasukan produk Anda ke supermarket.

Mengantongi Legalitas adalah salah satu syarat yang harus Anda penuhi untuk memasukan produk ke supermarket. Oleh sebab itu, syarat tersebut harus Anda penuhi terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa contoh legalitas usaha Makanan dan Minuman:

  • Surat KEterangan Domisili Usaha (SKDU)
  • PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga)
  • Izin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)
  • Sertifikat Halal
  • Retribusi Jualan
  • Standar Nasional Indonesia (SNI)

2. Administrasi yang Jelas

Cara Memasukkan Produk ke Supermarket yang harus Anda penuhi selanjutnya yaitu Administrasi yang jelas.

Administrasi sendiri menurut Profesor Dr. S. Prajudi Atmosudirdjo adalah sebuah proses dan tata kerja pada setiap unit usaha. Dalam hal ini mencakup jenis usaha swasta, usaha sipil maupun militer, serta usaha berskala besar maupun kecil.

Oleh sebab itu jika Anda ingin bekerjasama dengan Supermarket, maka Anda harus memiliki Administrasi usaha yang lengkap dan terestukur.

Baca Juga: Cara Jadi Member Superindo Terbaru 2022

3. Bersedia Pengajuan Promosi

Syarat berikutnya yang harus dipenuhi agar produk Anda bisa dimasukan ke Supermarket adalah, Anda harus bersedia dengan Sistem Promosi dari Supermarket.

Sistem ini biasanya harus disetujui oleh pihak Supplier dan Supermarket Agar produk yang Anda jual semakin meningkat. Atau bisa juga pengajuan Promosi terdapat produk yang memiliki masa kadaluarsa atau barang putus.

Sistem promosi yang banyak dijumpai di beberapa supermarket di Indonesia yaitu, Beli Satu Gratis Satu atau Potongan 50%. Oleh sebab itu, anda harus mengikuti kebijakan yang sudah ditentukan oleh Pihak Supermarket.

4. Memiliki Brand atau Merek

Sebelum anda memasukan produk ke supermarket, anda harus mempunyai brand atau merek dari produk anda sendiri.

Mengapa anda harus mempunyai brand atau merek? brand dan merek adalah sebuah identitas yang akan meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk anda.

Oleh sebab itu anda harus mempunyai merek terlebih dahulu termasuk dengan kemasan yang harus mengikuti ketentuan dari pihak Supermarket.

5. Produk yang Memiliki Nilai Potensial

Produk yang memiliki nilai potensial menjadi salah satu kunci agar produk anda bisa masuk ke etalase supermarket.

Suatu produk yang memiliki nilai potensial adalah produk yang dapat diterima dan memiliki banyak peminat di pasaran. Oleh sebab itu sebelum anda membuat suatu produk atau memasarkan produk, alangkah baiknya untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu supaya produk yang anda jual bisa laku bahkan bisa bersaing dengan kompetitor.

Dengan begitu, anda akan tahu kebutuhan pasar mana saja yang banyak peminat.

6. Sediakan Sampel Produk

Cara memasukkan produk ke supermarket yang terakhir yaitu, anda harus memasukan produk ke supermarket dengan menyediakan sampel atau contoh produk anda ke pihak supermarket.

Namun sebelum itu, pastikan bahwa produk anda memiliki kualitas yang baik serta pengemasan yang sesuai. Sehingga, pihak supermarket akan bisa langsung menilai produk anda dari segi penampilan, kualitas, dan peluang produk di pasaran.

Penutup

Itu dia adalah beberapa tips bagi anda yang ingin memasukan produk ke supermarket. Pasalnya, saat ini perkembangan Supermarket dan Minimarket di Indonesia semakin berkembang dengan cepat.

Nah artikel dari SarjanaTua tentang Cara Memasukkan Produk ke Supermarket diatas mungkin bisa membantu anda agar produk yang anda jual dapat berkembang dan meningkatkan ekonomi di Indonesia. Terima kasih.

Bagikan:

Wait for you, I'lll buy your pride.