11 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa – Motivasi belajar adalah seperangkat usaha untuk memberikan kondisi yang membuat seseorang mau dan mau melakukan sesuatu, dan jika ia tidak menyukainya, maka ia akan berusaha menghilangkan atau menghindari perasaan tidak suka tersebut agar ia tetap mau belajar.

Setiap orang membutuhkan motivasi untuk belajar, tidak hanya anak sekolah atau mahasiswa.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar 

11 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Berikut adalah 10 cara untuk meningkatkan motivasi belajar lainnya, meskipun Anda telah menyelesaikan pendidikan formal.

1. Anda dapat memilih hal yang ingin dipelajari.

Ketika kami di sekolah, kami tidak punya banyak pilihan. Kita belajar hal yang sama. Bahkan jika kita tidak menyukai pelajaran tertentu, kita tetap harus mempelajarinya. Pada titik ini, Anda dapat memilih apa yang Anda suka. Hal ini membuat belajar lebih menyenangkan. Jadi, putuskan bidang mana yang ingin Anda pelajari dan apa yang menjadi passion Anda.

2. Ingatkan diri Anda akan hasilnya.

Katakanlah Anda ingin belajar bahasa Korea. Mungkin Anda tidak suka belajar bahasa. Bayangkan hasil yang akan Anda dapatkan. Bayangkan Anda pergi ke Korea, berjalan-jalan di toko atau restoran, dan Anda dapat berbicara dengan petugas, sopir, atau orang lain yang fasih berbahasa Korea.

Dengan membayangkan hasil yang akan kamu dapatkan, kamu akan kembali termotivasi untuk belajar kosakata bahasa Korea, kata kerja bahkan rumus kalimat.

3. Gunakan alasan yang kuat.

Mempelajari sesuatu dengan tujuan memenangkan debat kantor bukanlah alasan yang baik untuk mempelajari sesuatu yang baru. Saat-saat kemenangan akan memberi Anda kepuasan, tetapi itu tidak bertahan lama.

Tetapi jika alasan Anda adalah untuk membuat Anda lebih efektif dan berkinerja lebih baik, maka Anda akan selalu memiliki dorongan yang kuat untuk belajar.

Dikutip dari situs Beritrust, Sebelum Anda mempelajari sesuatu yang baru, pikirkan apa yang membuat Anda ingin mempelajarinya. Pastikan alasan yang kuat dan terkait dengan kebutuhan emosional.

Ketika alasan Anda berhubungan dengan emosi seperti kegembiraan, cinta, atau kepuasan, Anda akan selalu termotivasi untuk belajar.

4. Memiliki tujuan.

Cara meningkatkan motivasi belajar selanjutnya yaitu tentukan apa yang ingin Anda capai. Dengan menetapkan tujuan, Anda akan termotivasi untuk belajar bahkan di bawah tekanan.

5. Gabungkan Metode belajar Anda.

Kita punya banyak cara meningkatkan motivasi belajar. Anda dapat menggunakan Wikipedia, Google atau bahkan Youtube. Cobalah untuk menggabungkan metode pembelajaran yang sangat menarik bagi Anda. Perasaan gembira akan membuat motivasi Anda terus berjalan.

6. Bergabung dengan grup online.

Cara untuk meningkatkan motivasi belajar diri sendiri selanjutnya yaitu menyiapkan kelompok diskusi adalah cara yang bagus untuk tetap termotivasi.

Buat grup diskusi tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan atau berbagi pengetahuan, atau bahkan terhubung dengan orang-orang dari seluruh dunia. Seperti Whatsapp, Twitter, Facebook atau grup lainnya.

8. Aturlah waktu pasti untuk belajar setiap hari.

Jadwalkan waktu belajar yang nyaman setiap hari adalah cara meningkatkan motivasi belajar yang cukup efektif. Gunakan pengingat. Lakukan dengan aktivitas menyenangkan lainnya, seperti belajar sambil minum minuman favorit Anda, atau berjalan-jalan di sekitar ruang kerja Anda. Dengan begitu, Anda akan tetap termotivasi dan konsisten.

9. Buatlah tujuan-tujuan kecil.

Dari tujuan besar yang Anda miliki, pecahkan tujuan kecil yang ingin Anda capai, seperti tujuan mingguan. Dengan menetapkan tujuan kecil, Anda akan dapat memeriksa kemajuan Anda. Tentu saja, Anda juga akan tetap termotivasi setiap kali Anda berhasil mencapai tujuan kecil tersebut.

10. Mencari cara lain untuk belajar.

Setiap kali pembaca lain kehilangan motivasi, cobalah cara belajar lain. Misalnya, Anda belajar menggunakan Youtube, tetapi Anda bosan dan tidak bersemangat lagi. Jadi cobalah cara lain untuk mengembalikan motivasi dan semangat belajar Anda.

11. Berikan diri penghargaan kecil.

Ini adalah cara yang bagus untuk tetap termotivasi untuk belajar. Ketika Anda mempelajari sesuatu, berikan hadiah kecil, seperti membeli sesuatu yang Anda sukai.

Dengan cara meningkatkan motivasi belajar anak, Anda membiarkan otak Anda memahami bahwa ketika Anda melakukan sesuatu dengan sukses, Anda merasa bahagia. Ini akan membuat Anda tetap termotivasi, dan jika Anda hampir kehilangan motivasi untuk belajar, mudah untuk kembali. Karena Anda tahu bahwa kesuksesan membawa kebahagiaan.

Kesimpulan

Berikut adalah 10 cara meningkatkan motivasi belajar siswa maupun mahasiswa. Cara meningkatkan motivasi belajar ini perlu diterapkan mulai dari sekarang. Mempelajari hal baru adalah hal yang sulit.

Pada awalnya, Anda masih memiliki motivasi belajar yang tinggi, namun seiring berjalannya waktu motivasi tersebut bisa saja berkurang atau bahkan hilang.

11 cara ini akan membantu pembaca lain untuk terus meningkatkan motivasi mereka, bahkan ketika mereka buntu. Oleh karena itu, Anda akan terus bersemangat dalam perjalanan untuk menimba ilmu yang luas.

Bagikan:

Wait for you, I'lll buy your pride.

Leave a Comment