√15+ Cara Sukses Menurut Islam, Inilah Kuncinya

Sukses Menurut Islam

Sukeses Menurut Islam – Sukses dalam islam merupakan hal yang luas, mulai dari pekerjaan atau keuangan juga mampu menjadi orang yang bermanfaat bagi semua orang. Sukses tidak hanya dalam karir saja, melainkan dapat mengendalikan hawa nafsu diri sendiri dan menjalankan perintahnya.

Sukses menurut Al-Quran adalah kebagagian yang kekal, yaitu kebahagian yang dapat dinikmati baik didunia maupun akherat. Kita sebagai manusia selalu mempunyai harapan untuk menjadi orang sukses. Berikut artikel dari sarjanatua.com tentang 15 cara sukses menurut islam:

Baca Juga: Cara Menabung ala Orang China

1. Mulai dengan Ilmu

√15+ Cara Sukses Menurut Islam, Inilah Kuncinya
Cara Sukses Menurut Islam (Image Source: Pixabay.com)

Cara sukses menurut islam yaitu dengan memiliki ilmu. Dengan memilik ilmu, seseorang tersebut dapat memanfaatkan ilmunya untuk berbuat baik dan bermanfaat kepada orang banyak. Sesuai dengan (QS Al Alaq : 5) “Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya“. Nah oleh sebab itu kunci utamanya adalah memulai mencari ilmu.

2. Merubah Diri Sendiri

Agar dapat mencapai kesuksesan, seseorang harus merubah dirinya sendiri. Dengan cara menghilangkan kebiasaan buruk menjadi baik. “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah keadaan yang ada pada dirinya”. (QS Ar-Rad : 11)

3. Berdoa

Cara Sukses menurut islam yang harus anda lakukan adalah berdoa. Doa merupakan salah satu wujud ikhtiar bahwa kita bersunguh-sungguh meminta kepada Allah.”Maka bermohonlah kepada Ku.”(QS Al-Baqarah:186). Dengan meminta doa kepada Allah adalah salah satu jalan menuju kesuksesan.

4. Bersedekah

Sedakah menjadi hal yang harus anda lakukan jika ingin menjadi orang yang berhasil. Perumpamaan orang yang menafahkan hartanya di jalan Allah (Sedekah) adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada setiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas karunianya lagi maha Mengetahui (QS Al-Baqarah : 261).

5. Bersyukur

Cara sukses menurut Islam salah satunya adalah memperbanyak bersyukur, bersyukur merupakan bentuk perasaan kita adalah hamba Allah yang beruntung dengan apa yang sudah diberikan.”Jika kamu bersyukur akan Ku tambah nikmati untukmu”. (QS Ibrahim  : 7)

6. Bertaqwa

Bertaqwa merupakan salah satu peran penting dalam cara sukses menurut islam, orang yang bertaqwa akan mendapatkan kasih sayang dari Allah sehingga medapat pertolongan yang tidak pernah disangka. “Barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan rezeki dari arah yang tidak disangka sangka. “(QS Ath Thalaqq : 2).

7. Niat karena Allah

Niatkanlah kesuksesan yang akan anda kejar karena Allah di dunia dan di akherat, jangan mengejak kesuksesan saja karena duniawi. “Barang siapa mengerjakan amal saleh dalam keadaan beriman, maka Kami akan berikan kedapanya kehidupan yang baik dan pahala jauh lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.” (QS An Nahl : 97).

8. Amanah (Dapat di Percaya)

Sikap amanah harus anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai anda melakukan sesuatu secara curang agar cepat sukses. “Sesungguhnya harta dan anak-anak mu hanyalah cobaan bagimu”. (QS At Taghabun : 15)

9. Jangan Menuruti Hawa Nafsu

Kesuksesan memang impian semua orang, akan tetapi jangan hanya mengejar kesuksesan untuk duniawi saja. Sebab segala yang dimilih oleh hamba Allah hanya titipan sementara yang suatu saat bisa diambil oleh Nya. “Dan kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan”. (QS Al Fajr : 20)

10. Hindari Haram

Hindarilah cara yang curang misalnya dengan menyogok atau membeli jabatan yang dapat mempermudah cara sukses menurut islam. Keberahan berpengaruh dari halal dan haram cara yang dilakukan. “Mereka itu adalah orang yang suka mendengar berita bohong dan memakan haram (QS Al Maidah : 42)

11. Ikhlas

Menginingkan kesuksesan dengan niat karena Allah dan dengan menggunakan hasil kesuksesan tersebut di jalan Allah. Tentu buka saja niat untuk kebutuhan duniawi saja seperti jabatan, pangkatan, harta dan lain-lain.

Cara sukses menurut islam harus diikuti dengan rasa iklas dalam setiap prosesnya. “Barang siapa yang menjadikan akerat sebagai tujuanya maka Allah akan menjadikan kekayaan dalam hatinya”. (HR At Tirmidzi).

12. Istiqomah

Istiqomah memiliki arti tekun dan terus menerus dilakukan. Melakukan usaha dengan istiqomah agar mendapatkan kelapangan dari Allah sebagai orang yang bersungguh-sungguh akan mendapatkan hasil yang diinginkan. “Jikalau mereka tetap berjalan lurus diatas jalan itu (islam) benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak)”. (Qs Al jinn : 16).

13. Sabar

Setiap orang yang akan sukses pasti akan mengalami berbagai masalah, cara untuk sukses menurut islam adalah dengan cara sabar ketika mendapatkan musibah atau kesulitan dalam berusaha. Wajib percaya kepada Allah bahwa sabar akan menjadikan jalan menuju sukes.

“Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, yaitu ketika ditimpa musibah mereka mengucapkan: Sungguh kita semua ini milik Allah dan sungguh kedapa Nya lah kita kembali”. (QS Al Baqarah : 155-156).

14. Pantang Menyerah

Orang yang ingin sukes tentu tidak akan menyerah menghadapai tantangan yang ada, hal tersebut menjadi semangat untuk lebih giat dalam berusaha. Orang yang putus asa artinya tidak percaya pada rahmat yang sudah diberikan Allah.

“Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus dari rahmat Allah melainkan orang yang kufur”. (QS Yusuf : 87).

15. Memiliki Keberanian

Bagi anda yang ingin mencapai kesuksesan dan mandapat rintangan dalam prosesnya cara menjadi orang sukses menurut Islam adalah menyerahkan semuanya kepada Allah. “Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupanya”. (QS Al Baqarah : 289)

Nah berikut diatas beberapa cara sukses menurut islam. Artikel diatas dirangkum oleh beberapa sumber yang ada.

 

Bagikan:

On this occasion, allow me to make an introduction to who I am. My name Muhammad Luqman H. I Student in University Teknologi of Yogyakarta.