10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?

Gedung Tertinggi di Asia Tenggara – Gedung merupakan bangunan yang memiliki banyak fungsi. Untuk saat ini, gedung pencankar langit sering dikaitkan dalam parameter perkembangan sebuah ekonomi di suatu negara.

Tidak hanya perkembangan ekonomi jangan panjang, namun gedung juga menjadi sarana infrastruktur jangka panjang, sehingga dibuat semenarik mungkin. Nah berikut ini adalah 10 daftar gedung tertinggi di Asia Tenggara versi sarjanatua.com:

1. Landmark 81

10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?
Landmark 81 (Image Source: flickr.com)

Gedung tertinggi di Asia Tenggara yang pertama dipegang oleh Landmark 81 yang berada di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Gedung ini merupakan gedung sebuah perusahaan real estate terbesar di Vietnam.

Landmark 81 merupakan gedung tertinggi di Vietnam dan menjadi gedung tertinggi di dunia urutan ke-15. Bangunan ini memiliki tinggi 461,15 meter dengan 46 lantai yang dibangun di dekat Sungai Saigon di Distrik Binh Thanh. Pembangunan gedung Landmark 81 menghabiskan dana hingga $1,5 miliar dollar.

2. Menara Kembar Petronas

10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?
Menara Kembar Petronas (Image Source: Pixabay.com)

Menara Kembar Petronas atau yang biasa disebut dengan Petronas Tower merupakan salah satu gedung tertinggi di Malaysia yang berada di Kuala Lumpur. Dahulu sekitar tahun 1998 sampai 2004 gedung ini pernah menjadi gedung tertinggi di dunia yang kemudian dikalahkan oleh Burj Khalifa.

Petronas Tower memiliki tinggi 452 meter dengan 88 lantai. Menara ini dibangun oleh arsitek terkenal dari Argentina yang bernama Cesar Pelli dan menghabiskan dana hingga $1,5 miliar dollar.

Baca Juga: 10 Hewan Tertinggi di Dunia, Jerapah Nomer Satu!

3. The Exchange 106

10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?
The Exchange 106 (Image Source: Ig/suffyanrazzaq)

The Exchange merupakan salah satu gedung tertinggi di Asia Tenggara yang berada di kawasan Tun Razak Exchange (TRX). The Exchange 106 memiliki tinggi hingga 445,5 meter dengan 95 lantai yang diatasnya terdapat sebuah mahkota dengan tinggi 65 meter.

4. Autograph Tower Thamrin Nine

10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?
Autograph Tower Thamrin Nine (Image Source: www.wartaekonomi.co.id)

Autograph Tower Thamrin Nine merupakan salah satu calon gedung tertinggi di Asia Tenggara dan tertinggi di Indonesia yang sedang dalam proses pembangunan. Autograph Tower Thamrin Nine memiliki ketinggian 382,9 meter dan memiliki 111 lantai dengan konsep mixed superblok.

5. Four Season Place

10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?
Four Season Place (Image Source: www.mc-bauchemie.com)

Four Season Place merupakan gedung komersial dan perumahan yang terdiri dari hotel, apartemen, dan pusat perbelanjaan. Gedung ini dikembang konglomerat yang berasal dari Singapura, yaitu Ong Beng Seng yang bekerjasama dengan Tan Sri Syed Yusof, dan Sultan Selangor.

Four Season Place menjadi hotel tertinggi di Asia Tenggara dan hotel tertinggi di dunia urutan ke-3. Bangunan ini memiliki tinggi 343 meter dengan 65 lantai.

Baca Juga: 10 Masjid Terbesar di Asia Tenggara, Masjid Istiqlal Nomer Satu!

6. Keangnam Hanoi Landmark Tower

10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?
Keangnam Hanoi Landmark Tower (Image Source: flickr.com)

Keangnam Hanoi Landmark Tower merupakan gedung yang terletak di Pham Hung, Boulevard, Cau Giay, Hanoi, Vietnam. Gedung ini merupakan tempat perusahan-perusahan terkenal Vietnam seperti, Agribank dan VNPT. Gedung ini juga menjadi salah satu gedung tertinggi di Asia Tenggara.

Keangnam Hanoi Landmark Tower di bangun oleh investor yang berasal dari Korea Selatan dengan menelan biaya pembangunan hingga $1,05 miliar dollar. Gedung ini memiliki tinggi 345 meter dengan 70 lantai.

7. Magnolias Waterfront Residences

10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?
Magnolias Waterfront Residences (Image Source: www.hipflat.co.th)

Magnolias Waterfront Residences merupakan gedung tertinggi di Thailand, tepatnya di Kota Bangkok. Magnolias Waterfront Residences berada di area kompleks Iconsuam. Gedung ini memiliki ketinggian hingga 315 meter dengan 38 lantai.

8. MahaNakhon

10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?
MahaNakhon (Image Source: www.archdaily.com/)

Gedung tertinggi di Asia Tenggara selanjutnya yaitu MahaNakhon merupakan gedung pencangkar langit yang terletak di Bangkok, Thailand. Gedung ini memiliki bentuk persegi dengan hiasan berupa tirai spiral yang berada id sisi gedung. Gedung  MahaNakhon memiliki tinggi 314,2 meter dengan 77 lantai dan menjadi gedung tertinggi di Thailand.

MahaNakhon dibangun mulai dari 20 Juni 2011 dan resmi dibuka pada tanggal 29 Agustus 2016. Biaya pembangunan gedung  MahaNakhon menghabiskan dana hingga $620 juta dollar.

Baca Juga: 10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia, Sampai 47 Kilometer!

9. Menara Telkom

10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?
Menara Telkom (Image Source: vernonchan.com)

Menara Telkom atau yang biasa disebut dengan Menara ™ merupakan gedung pusat Telkom yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Menara Telkom memiliki ketinggian 310 meter dengan 55 lantai. Gedung ini memiliki desain seperti bambu yang sedang tumbuh dan proyek pembangunannya dimulai pada tahun 1998 sampai 2001.

Menara Telkom memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan dapat menampung hingga 2.500 orang. Selain itu, gedung ini memiliki berbagai fasilitas penunjang seperti sarana olahraga, ruang teater, taman, hingga masjid.

10.Baiyoke Tower II 

10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?
Baiyoke Tower II (Image Source: www.skyscrapercenter.com)

Gedung tertinggi di Asia Tenggara terakhir yaitu Baiyoke Tower II yang berada di Kota Bangkok, Thailand. Baiyoke Tower II memiliki ketinggian hingga 309 dengan 38 lantai.

Nah siapa sangka, bahwa 10 gedung tertinggi di Asia Tenggara tidak ada yang berasal dari Indonesia. Untuk saat ini, gedung tertinggi di Indonesia masih dipegang oleh Gama Tower dengan ketinggian 289 meter.

Bagikan:

Wait for you, I'lll buy your pride.