10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!

Gedung Tertinggi di Eropa – Gedung merupakan salah satu bangunan pencakar langit yang identik dengan keindahan. Bangunan yang memiliki tinggi dan bentuk yang unik tentu akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang sedang mengunjunginya.

Banyak pada desainer dan insinyur yang berlomba-lomba untuk membuat gedung dengan keunikan masing-masing. Nah berikut ini adalah 10 Gedung tertinggi di Eropa yang perlu kamu ketahui.

1. The Shard

10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!
The Shard, London (Image Source: unplash.com)

The Shard merupakan salah satu gedung tertinggi di Eropa yang berada di London, Inggris. Gedung ini diresmikan pada tanggal 5 Juli 2012 untuk pertunjukan seni laser di London. Menara ini dirancang oleh seorang arsitektur terkenal Perancis yang bernama Renzo Piano dan menghabiskan dana pembangunan hingga 21,9 triliun.

The Shard memiliki ketinggian hingga 367 meter dengan 95 lantai. Bangunan ini memiliki bentuk meruncing dibagian atasnya. Selain itu, gedung ini juga berfungsi sebagai tempat kantor, rumah, apartemen, toko, restoran hingga hotel Shangri-La yang sangat terkenal.

2. Mercury City Tower

10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!
Mercury City Tower, Rusia (Image Source: Pixabay.com)

Gedung tertinggi di Eropa yang pertama yaitu Mercury City Tower yang berada di Pusat Bisnis Internasional Moskow, Rusia. Pembangunan gedung ini dimulai pada tahun 2009 dan diresmikan pada tahun 2013. Mercury City Tower memiliki ketinggian 332 meter dengan 70 lantai.

Pada tahun 2011, gedung ini baru selesai pembangunan lantai ke-53 dan telah mencapai ketinggian 230 meter. Menurut pihak kontraktor, gedung ini memiliki ketinggian 339 termasuk dengan atapnya yang kemudian diresmikan pada tanggal 1 November 2012 silam.

3. Menara Eiffel

10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!
Menara Eiffel (Image Source: Pixabay.com)

Menara Eiffel merupakan sebuah menara tertinggi di Paris, Prancis. Menara besi ini menjadi salah satu ikon yang sangat terkenal di seluruh dunia. Menara Eiffel menjadi bangunan tertinggi Prancis dan merupakan salah satu bangunan tertinggi di dunia.

Menara Eiffel mulai dirancang oleh Gustave Eiffel pada tahun 1887 dan 1889. Menara ini dibuat sebagai simbol atau bentuk pameran dunia untuk merayakan seabad Revolusi Prancis. Menara Eiffel memiliki tinggi keseluruhan 324 meter dan memiliki fungsi sebagai menara pengamatan dan menara penyiar radio.

Baca Juga: 10 Gedung Tertinggi di Asia Tenggara, Seberapa Tinggi?

4. Commerzbank Tower

10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!
Commerzbank Tower (Image Source: Pixabay.com)

Commerzbank Tower adalah salah satu gedung tertinggi di Eropa yang berada di Frankfurt, Jerman. Gedung ini memiliki ketinggian hingga 259 meter dengan 56 lantai yang terdiri dari perkantoran.

Commerzbank Tower dirancang oleh Foster & Partners dan beberapa orang lainya dengan konsep cahaya yang muncul ketika malam hari. Pembangunan menara ini di mulai pada tahun 1994 – 1997 dan menelan biaya hingga 9 triliun . Ciri khas dari bangunan ini yaitu terdapat tiang listrik yang berada di atas atap.

5. Messeturm

10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!
Messeturm (Image Source: Pixabay.com)

Messeturm merupakan sebuah gedung pencakar langit yang berada di  Frankfurt, Jerman. Messeturm ini dirancang oleh Helmut Jahn yang merupakan arsitek di bidang struktur. Bangunan ini pernah menjadi bangunan tertinggi di Eropa pada tahun tahun 1990 hingga 1997.

Messeturm memiliki ketinggian 257 meter dengan 63 lantai. Bangunan ini memiliki ciri khas yang terdapat pada atapnya. Dimana atap gedung ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan piramida dengan tinggi sekitar 36,3 meter.

Baca Juga: 10 Masjid Terbesar di Indonesia, Apakah Masjid Istiqlal?

6. Istanbul Sapphire

10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!
Istanbul Sapphire (Image Source: www.archdaily.com)

Istanbul Sapphire merupakan menara tertinggi di Eropa yang berada di Istanbul, Turki. Menara ini memiliki ketinggian 238 meter ditambah dengan puncaknya sehingga memiliki tinggi 261 meter dan 54 lantai. Proyek ini dikembangkan oleh Biskon Yapi dengan struktur berteknologi tinggi yang berada di lantai bawah. Dahulu menara ini merupakan gedung tertinggi di Eropa bagian timur.

7. Torre Caja Madrid

10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!
Torre Caja Madrid (Image Source: www.gmsllp.com)

Torre Caja Madrid merupakan sebuah bangunan pencakar langit yang berada di Madrid, Spanyol. Gedung ini memiliki tinggi sekitar 250 meter dengan 45 lantai, menara ini juga menjadi salah satu gedung tertinggi di Eropa.

Torre Caja Madrid dirancang oleh Sir Norman Foster atau yang biasa dikenal sebagai Torre Repsol. Selama pembangunan gedung, Repsol memutuskan untuk memindahkan kantor pusat di institusinya ke Caja Madrid dengan membeli bangunan seharga 815 juta poundsterling.

8. Menara Unicredit

10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!
Menara Unicredit (Image Source: www.tripadvisor.co.id)

Gedung tertinggi selanjutnya yaitu Menara Unicredit yang berada di Porta Nuova, Milan, Italia. Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 231 meter, gedung ini juga dirancang oleh orang italia asli yang bernama Cesar Pelli. Selain itu, menara ini berfungsi sebagai kantor untuk bisnis dan beberapa diantaranya sebagai zona perumahan.

Bangunan ini juga memiliki bentuk dan desain yang sangat unik. Dimana puncak menara terdapat hiasan lampu LED yang dapat berubah warna terutama saat hari-hari tertentu.

Baca Juga: 10 Masjid Terbesar di Asia Tenggara, Masjid Istiqlal Nomer Satu!

9. Menara DC

10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!
Menara DC, Wina (Image Source: www.wallpaperbetter.com)

Menara DC merupakan dua bangunan yang bertingkat tinggi yang dikenal sebagai Menara DC 1 dan Menara DC 2. Menara DC Tower i memiliki tinggi sekitar 220 meter atau 772 kaku, sehingga menjadi menara tertinggi  di Austria.

Menara DC dibangun pada tahun 2013 oleh seorang arsitek Perancis yang bernama Dominique Perrault. Bangunan ini berfungsi sebagai rumah kantor, hotel bintang empat, apartemen, restoran, dan pusat kebugaran. Dengan begitu, menara dc termasuk salah satu gedung tertinggi di eropa.

10. Menara Selatan, Brussels

10 Gedung Tertinggi di Eropa, The Shard Nomer Satu!
Menara Selatan, Belgia (Image Source: wikipedia.org)

Gedung tertinggi di Eropa yang terakhir yaitu Menara Selatan atau yang biasa disebut dengan Zuider Toren merupakan salah satu bangunan tertinggi di dunia yang berada di Belgia. Menara ini memiliki tinggi 148 meter dengan 38 lantai. Menara ini dibangun pada tahun 1967 dan pernah menjadi gedung tertinggi di eropa pada tahun 1967 sampai 1972.

Banguanan ini dapat menampung hingga 2500 pekerja yang telah digunakan oleh Administrasi Pensiun Belgia sejak selesai dibangun.

Nah itu dia 10 daftar gedung tertinggi versi sarjanatua.com. Bagimana, tertarik untuk mengunjunginya?

Bagikan:

Wait for you, I'lll buy your pride.