10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?

Hewan Tertua di Dunia – Terdapat jutaan spesies makhluk hidup yang berada di bumi hingga saat ini. Diantaranya merupakan spesies dari burung, kucing, anjing, harimau, singa, dan hewan laut lainya. di antara spesies tersebut, terdapat fosil hewan tertua di dunia.

Nah berikut di bawah merupakan 10 daftar hewan tertua di dunia versi sarjanatua.com. Simak Selengkapnya!

1. Ubur-Ubur

10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?
Ubur-Ubur (Image Source: Pixabay.com)

Ubur-Ubur adalah hewan laut yang tidak memiliki tulang dan masuk ke dalam keluarga filum Cnidaria. Sebagai anggota Cnidaria, hewan ini memiliki bentuk tubuh polip yang biasa menempel di dasar laut.

Ubur-ubur pada umumnya memiliki ukuran tubuh dengan diameter 2 sampai 40 cm, namun ubur-ubur dewasa bisa memiliki diameter tubuh hingga 1 sampai 2 meter, biasanya dari spesies Cyanea atau yang lebih dikenal dengan Ubur-Ubur Surai Singa.

Menurut beberapa penelitian, ubur-ubur termasuk hewan prasejarah yang sudah menghuni bumi sejak 500 juta tahun yang lalu. Oleh sebab itu, ubur-ubur merupakan salah satu hewan tertua di dunia.

2. Ikan Coelacanth

10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?
Coelacanth (Image Source: godnewsfromindonesia.com)

Hewan tertua di dunia yang masih hidup selanjutnya yaitu Ikan Coelacanth. Coelacanth merupakan salah satu ikan tertua di dunia yang sudah ada sejak 400 juta tahun lalu. Coelacanth biasanya ditemukan di tebing bawah laut dengan kedalaman sekitar 100 sampai 500 meter. 

Ikan ini pertama kali ditemukan oleh para nelayan di Madagaskar, Afrika yang tidak sengaja menangkapnya menggunakan jaring.

Ikan Coelacanth memiliki ciri-ciri tubuh dengan delapan sirip serta mata besar dan mulut kecil. Ikan Coelacanth dewasa bisa mencapai berat badan hingga 90 kilogram.

Baca Juga: 10 Hewan Terpanjang di Dunia, Ternyata bukan Paus Biru?

3. Lamprey

10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?
Lamprey (Image Source: wired.com)

Lamprey adalah jenis ikan prasejarah yang tidak memiliki rahang. Lamprey memiliki ciri-ciri tubuh seperti belut, yaitu bentuknya yang silinder dengan ekor pipih. Di Ujung kepalanya terdapat mangkuk atau yang biasa disebut dengan buccal funnel. Para peneliti memperkirakan bahwa ikan ini sudah ada sejak tahun 360 tahun lalu.

4. Komodo

10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?
Komodo (Image Source: Pixabay.com)

Komodo adalah spesies biawak terbesar di dunia yang menghuni Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Komodo merupakan kadal terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini, rata-rata panjang tubuh komodo mencapai 2-3 meter dengan bobot hingga 100 kg.

Komodo diperkirakan sudah ada sejak 4 juta tahun yang lalu. Selain itu, Komodo juga diyakini sebagai nenek moyang dari Megalania. Oleh sebab itu komodo menjadi hewan purba tertua di dunia yang masih hidup hingga sekarang ini.

5. Tapir

10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?
Tapir (Image Source: Pixabay.com)

Tapir adalah hewan herbivora yang biasa makan tumbuhan di sekitar sungai dan hutan. Tapir memiliki bentuk yang hampir sama dengan babi, namun telinganya mirip dengan badak dan moncongnya mirip dengan trenggiling.

Tapir merupakan salah satu hewan tertua di dunia yang dipercaya sudah ada sejak zaman dinosaurus. Tapir sendiri tersebar di beberapa benua seperti Amerika Utara, Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Asia Tenggara.

Baca Juga: 10 Hewan Tertinggi di Dunia, Jerapah Nomer Satu!

6. Buaya

10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?
Buaya (Image Source: Pixabay.com)

Salah satu hewan tertua di dunia saat ini yaitu Buaya. Buaya merupakan reptil yang biasa hidup didaerah yang berair seperti sungai, rawa, dan lahan basah. Buaya merupakan hewan karnivora yang biasa makan hewan-hewan bertulang seperti ikan, reptil, dan mamalia.

Buaya adalah spesies yang sudah ada sejak 200 juta tahun lalu dan merupakan salah satu pesaing Dinosaurus dalam berebut mangsa.

7. Celurut Gajah

10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?
Celurut Gajah (Image Source: idnthimes.com)

Celurut gajah adalah yang biasa disebut dengan celurut lompat merupakan hewan insektivora yang hidup di Afrika. Celurut Gajah biasa hidup di Afrika Selatan dan dapat ditemukan di daerah yang cukup panas seperti di Gurun Namib yang memiliki banyak bebatuan.

Celurut Gajah merupakan salah satu hewan tertua di dunia yang sidah bertahan hingga 41 juta tahun yang lalu.

8. Ekidna

10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?
Ekidna (Image Source: alamendah.org)

Ekidna atau (Ornithorhynchus anatinus) merupakan satwa yang berasal dari bumi selatan. Hewan ini memiliki bentuk moncong seperti bebek namun masih mamalia yang bertelur. Ekidna memiliki bentuk tubuh yang kecil dengan rambut kasar yang berduri.

Ekidna dan platipus merupakan hewan tertua di dunia yang sudah ada sejak 50 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: 10 Hewan Tercepat di Dunia, Berikut Selengkapnya!

9. Burung Pelikan

10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?
Burung Pelikan (Image Source: Pixabay.com)

Hewan tertua selanjutnya yaitu Burung Pelikan. Burung Pelikan atau Burung undan merupakan jenis burung yang sangat mudah untuk dijumpai. Burung ini memiliki kantung di bawah parunya yang berfungsi untuk berburu ikan. Burung ini biasanya hidup di daerah yang berawarna dan dapat dijumpai di berbagai benua kecuali Antartika.

Diperkirakan burung pelikan sudah menjadi penghuni bumi sejak 30 juta tahun yang lalu.

10. Kepiting Tapal Kuda

10 Hewan Tertua di Dunia, Bagimana dengan Komodo?
Kepiting Tapal Kuda (Image Source: Pixabay.com)

Hewan tertua di dunia yang terakhir yaitu Kepiting Tapal Kuda. Kepiting ini sudah cukup terkenal dikalangan ilmuan karena sisa-sisa hidupnya sudah ditemukan dari berbagai zaman. Menurut para ilmuwan, kepiting ini sudah berumur 445 juta tahun, jauh sebelum zaman dinosaurus.

Nah sekian artikel dari sarjanatua.com tentang 10 hewan tertua di dunia yang masih hidup hingga saat ini.

Bagikan:

Wait for you, I'lll buy your pride.