5 Cara Manajemen Inventory dalam Bisnis Ritel

Manajemen Inventory dalam Bisnis Ritel – Inventory Management atau Manajemen Persediaan merupakan hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan sebuah usaha, khususnya usaha ritel. Bahkan beberapa keprofesionalnya sebuah usaha ritel bisa dilihat dari pengelolaan stok atau …

Cara Manajemen Inventori dalam Bisnis Ritel

Manajemen Inventory dalam Bisnis Ritel – Inventory Management atau Manajemen Persediaan merupakan hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan sebuah usaha, khususnya usaha ritel. Bahkan beberapa keprofesionalnya sebuah usaha ritel bisa dilihat dari pengelolaan stok atau barang persediaan.

Selain itu, kurangnya pengetahuan tentang Manajemen Inventory dalam Bisnis Ritel juga dapat menjadi salah satu faktor penurunan daya beli konsumen. Itulah mengapa Inventory Management harus diperhatikan secara serius dalam menjalankan usaha ritel seperti toko kelontong, minimarket, hingga supermarket.

Beberapa barang persediaan yang terdapat dalam rak toko maupun di gudang harus mencangkup semua stock yang ada (stock in hand). Namun untuk mengendalikan Inventory Management dibutuhkan ketekunan. Beberapa hal yang harus harus anda perhatikan saat Manajemen Inventori dalam Bisnis Ritel.

1. Membuat Perencanaan yang Baik

cara manajemen inventory yang pertama yaitu dengan membuat perencanaan dan perhitungan yang matang. Anda bisa membuat daftar atau rincian terlebih dahulu berapa barang yang dibutuhkan dalam bisnis anda. Dengan mengetahui berapa banyak barang yang dibutuhkan, anda bisa mengatur supaya tidak terjadi penumpukan barang.

2. Menjaga Kondisi Barang Agar Tetap Optimal

Selain melakukan perencanaan, cara manajemen inventory selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan menjaga kondisi barang agar tetap optimal. Maksudnya, barang dalam gudang anda harus tetap cukup dan safety cock.

Dengan adanya pengoptimalan barang dapat menemukan biaya inventori yang membengkak jika barang terus menumpuk di dalam gudang dalam jumlah yang cukup banyak.

3. Pengendalian Persediaan Barang

Manajemen Inventori dalam Bisnis Ritel
Manajemen Inventori dalam Bisnis Ritel (Image Source: Pixabay.com)

Usaha ritel merupakan usaha yang cukup menguntungkan jika dikelola dengan benar. Biasanya usaha ritel dimulai secara tradisional seperti toko kelontong. Namun saat ini, usaha ritel sudah berkembang cukup pesat seiring berkembangnya teknologi modern.

Tak heran jika Inventory Management merupakan unsur yang harus diperhatikan dalam usaha ritel.

Baca Juga: Analisi Keuangan dalam Bisnis Plan

4. Pentingnya pengendalian persediaan

  • Menjamin berjalannya sebuah perusahaan dalam persedian barang. Dengan persediaan barang yang cukup dan terkontrol dengan baik, maka tidak akan menghambat kelancaran operasional perusahaan. Sehingga perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pasar dengan baik.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan dengan menjamin persedian barang yang dibutuhkan. Dalam hal ini, para pelanggan akan merasa dihargai dan akan loyal kepada usaha ritel anda.
  • Tidak perlu membeli barang-barang yang kemungkinan besar tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan begitu, anda dapat menghemat ruangan dalam gudang dan mengurangi kerugian.
  • Meminimalisir resiko keterlambatan datangnya barang yang dibutuhkan perusahaan.

5. Management yang benar

Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam melakukan Inventory Management.

  • Memperhatikan waktu datangnya barang yang sudah dipesan kembali dalam kurun waktu tertentu. Hal ini berkaitan dengan persediaan barang yang berada di gudang, sehingga anda perlu menyesuaikan barang agar tetap ada persediaannya sampai pesanan barang selanjutnya tiba.
  • Jumlah barang yang disimpan harus memiliki kuantitas barang yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga anda dapat menghemat anggaran, namun jika terlalu sedikit dapat mengakibatkan kekurangan stock yang berdampak kepada konsumen.
  • Jumlah safety stock, yaitu persediaan barang untuk berjaga-jaga seandainya terjadi sesuatu yang menghambat proses pengiriman barang selanjutnya. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir jika proses pengiriman sedikit terlambat.

Nah berikut diatas artikel dari sarjanatua.com tentang manajemen inventori dalam bisnis ritel yang dapat kami ulas.

Bagikan:

Leave a Comment