Peluang Usaha Jajanan Pasar dan Cara Memulainya

Peluang Usaha Jajanan Pasar – Siapa yang tidak tertarik dengan aneka jenis jajanan pasar tradisional yang memiliki warna, bentuk, dan jenis yang menarik? Dunia kuliner sendiri tidak pernah berhenti, selalu ada saja jajanan yang memiliki …

Peluang Usaha Jajanan Pasar dan Cara Memulainya

Peluang Usaha Jajanan Pasar – Siapa yang tidak tertarik dengan aneka jenis jajanan pasar tradisional yang memiliki warna, bentuk, dan jenis yang menarik? Dunia kuliner sendiri tidak pernah berhenti, selalu ada saja jajanan yang memiliki inovasi tersendiri baik dari segi rasa, bentuk, dan warna.

Selain jenis makanan baru, terdapat juga jajanan pasar tradisional yang sering kita jumpai ketika sedang berada di pasar.

Banyak kuliner tradisional yang memiliki beraneka jenis dan rasa serta bentuk yang memiliki ciri khas masing-masing. Meski terlihat sederhana, namun jajanan pasar tradisional tetap digemari oleh penikmatnya.

Jajan pasar juga sering kita jumpai di acara-acara tertertentu seperti hajatan, rapat, arisan, pengajian dan acara lainya. Jajan pasar memiliki ciri khas yang berbeda disetiap daerahnya. Biasanya jika daerah tersebut satu pulau seperti Yogyakarta dan Jawa Tengah bentuk makananya tidak berbeda jauh.

Baca Juga: Cara Membuat Kulit Lumpia 

Tips Memulai Usaha Jajanan Pasar

Peluang Usaha Jajanan Pasar dan Cara Memulainya
Peluang Usaha Jajanan Pasar (Image Source: Goggle.com)

Mencari Lokasi yang Tepat untuk Berjualan

Bagi anda yang ingin memulai usaha pasar, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan lokasi untuk berjualan. Anda bisa mencoba dibeberapa tempat yang memiliki peluang agar jajan cepat laku misalnya saja di pasar, pinggir jalan ramai, kawasan sekolah, hingga kawasan industri.

Dari tempat tersebut, kita dapat mengamati pada jam berapa saja orang-orang ramai berkumpul. Biasanya waktu yang tepat untuk berjualan mulai dari jam 6 hingga 9 pagi dan jam 3 sampai jam 6 sore. Pada waktu tersebut, kemungkinan peluang usaha jajanan pasar anda akan laku lebih cepat.

Jika lokasi berjualan anda di tempat yang strategis, menjual dan membuat kue bisa anda lakukan dirumah. Selain lebih gampang, anda juga dapat menghemat tenaga untuk menyajikan kue dengan jumlah lebih banyak dan menerima pesanan ditempat.

Menggunakan Bahan Baku yang Berkualitas

Para konsumen biasanya bisa membedakan mana jajanan pasar yang memiliki rasa enak dan biasa saja. Untuk mendapatkan rasa yang enak, anda harus menggunakan bahan dalat alat produksi yang baik. Pastikan bahan baku yang akan anda gunakan tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh BPOM.

Setelah memilih bahan makanan yang berkualitas, anda bisa mempertimbangkan harga peluang usaha jajanan pasar yang akan anda jual. Supaya menghasilkan keuntungan, perhitungkan juga harga bahan pembuatan kue, harga produski misalnya gaji karyawan, sewa tempat, biaya listrik, dan sewa peralatan (jika menggunakan).Hal tersebut perlu anda perhitungan supaya mendapatkan keuntungan.

Memahami Kondisi Pasar

Jajan pasar mempunyai ciri khasnya masing-masing seperti rasa dan bentuknya. Penggemar jajan pasar juga beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meski begitu, anda harus memiliki inovasi untuk menjadikan jajan anda terasa lebih enak dan berbeda dari yang lainya.

Selain tentang rasa, anda harus menyediakan banyak varian jajanan pasar, lebih banyak varian yang anda jual, semakin banyak juga kosumen yang tertatarik.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Supaya dagangan anda terkenal lebih luas, anda bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikanya. Pahami betul media sosial mana yang banyak digunakan, misalnya saja seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok. Anda dapat menggunakan tiga media sosial tersebut untuk mempromosikan dagangan anda.

Selain media sosial, anda juga dapat menggunakan brosur untuk mempromosikan jajan anda. Anda juga bisa menitipkan jajan pasar anda dibeberapa tempat seperti warung, toko kue, supermarket. Dengan menggunakan cara tersebut, konsumen dapat mengenal kue yang anda buat dan bisa memesanya sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Supaya lebih bagus, anda bisa mencantumkan nomer yang dapat dihubungi dalam kemasan produk.

Baca Juga: Jenis Pewarna Batik

Kelebihan Usaha Jualan Jajanan Pasar

Peluang Usaha Jajanan Pasar dan Cara Memulainya
Peluang Usaha Jajanan Pasar (Image Source: Bukalapak.com)

Modal Terjangkau

Peluang usaha jajanan pasar menjadi primadona bagi ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan. Dengan modal sekitar Rp60.00 ribu sampai Rp100.000 anda sudah bisa memulai peluang usaha jajanan pasar dengan skala kecil.

Permintaan Pasar Luas

Permintaan jajanan pasar selalu oleh konsumenya. Anda bisa menjual berbagai jenis kue dari pagi hingga sore hari. Kebutuhan tidak hanya untuk konsumsi rumahan saja, namun bisa acara pernikahan, adat, dan untuk acara besar lainya.

Mudah Dikembangkan

Peluang usaha jajanan pasar sangat mudah untuk dikembangkan, mulai dari promosi di jejaring media sosial hingga dari mulut kemulut. Jika jajanan mu terkenal dengan rasa dan harganya yang murah, anda bisa mendapatkan pesanan dengan skalsa yang cukup besar.

Tips Memulai Usaha Jajanan Pasar

  • Pertama, hal yang perlu anda lakukan adalah membuat jajanan pasar dengan kualitas rasa yang enak, menarik, dan memilik ciri khas seusai dengan kue yang akan anda buat.
  • Kedua, Buatlah makanan yang memiliki banyak variasi rasa bentuk maupun warna, sehingga konsumen tidak bosan untuk memilihnya.
  • Ketiga, Tentukan harga jajanan yang akan anda jual, untuk mendapatkan harga jual yang baik, anda bisa survei terlebih dahulu ditempat lainya.
  • Keempat, Jika salah satu produk yang anda jual mengalami penjualan yang cukup pesat, anda bisa menambahkan produk tersebut lebih banyak.
  • Kelima, hal yang terakhir mempunyai peranan penting dalam etika berjualan. Anda harus melayani pembeli dengan ramah dan sopan. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan serta higenitias selama anda membuat jajanan.

Nah sekian artikel dari sarjanatua.com tentang peluang usaha jajanan pasar. Bagimana tertarik untuk mecobanya?

Bagikan: