10 Perang Islam Terbesar Sepanjang Sejarah

Perang Islam Terbesar – Setelah mengalami pertumbuhan dan menyebar ke berbagai penjuru dunia, Islam memiliki sejarah perang yang cukup panjang. Penyebaran agama islam memang tidak semulus yang kita bayangkan, banyak mereka harus berperang terlebih dahulu untuk merebutkan daerah tertentu.

Di masa Rasulullah terdapat begitu banyak perang islam yang terjadi. Bahkan beliau juga pernah memimpin perang. Lalu apa saja daftar perang islam terbesar di dunia?. Nah berikut ini adalah ulasan singkat tentang 10 perang islam terbesar di dunia yang pernah terjadi versi sarjanatua.com.

1. Perang Badar

10 Perang Islam Terbesar Sepanjang Sejarah
Khalid Bin Walid (Image Source: moslemlifestyle.com)

Perang Badar merupakan perang terbesar islam melawan penduduk kafir quraisy. Perang badar terjadi pada 17 Ramadhan 2 H (13 Maret 624). Saat itu pasukan muslimin hanya berjumlah 313 orang dan bertempur melawan pasukan Quraisy dari mekkah yang jumlahnya mencapai 1.000 orang.

Pertempuran yang terjadi selama 2 jam dimenangkan oleh pasukan Muslim dan pasukan Quraisy kemudian mundur dari medan pertempuran. Sebelum perang terjadi, kaum muslimin sempat mengalami konflik kecil yang kemudian semakin meluas. Meski begitu, perang badar merupakan perang islam pertama yang berhasil dimenangkan.

2. Perang Uhud

Perang Uhud adalah perang antara kaum muslimin dan kafir quraisy. Perang Uhud terjadi pada 23 maret 625 M ( 7 Syawal 3 H). Perang ini hanya berjarak sekitar setahun setelah Perang Badar. Pasukan muslimin yang berjumlah 700 melawan 3.000 orang pasukan kafir quraisy.

Perang Uhud terjadi di dekat bukit Uhud yang berjarak 4 mil dari Masjid Nabawi. Perang ini dimenangkan oleh kafir quraisy. Hal itu terjadi akibat para pemanah yang di bukit tidak menaati perintah Rasulullah.

Baca Juga: 10 Perang Terbesar di Dunia Berdasarkan Sejarahnya!

3. Perang Mu’tah

Perang islam terbesar selanjutnya yaitu Perang Mu’tah. Perang ini merupakan perang antara kaum muslimin melawan kekaisaran Bizantium Romawi Timur. Pertempuran mut’ah terjadi di dataran rendah Balqa di Negeri Syah pada 629 M atau 5 Jumadil Awal 8 Hijriah. Pecahnya perang ini disebabkan oleh terbunuhnya beberapa kaum muslimin oleh pasukan kekaisaran Bizantium.

Saat itu Rasulullah mengirim 3.000 pasukan menuju daerah Mut’ah. Pasukan muslimin dipimpin oleh tiga panglima besar sekaligus yaitu Zaid bin Harits, Ja’far bin Abu Thalib dan Abdullah. Walau kalah jumlah, pasukan muslimin berhasil memukul mundur pasukan Byzantium.

4. Perang Khandaq

Pertempuran Al-Ahzab adalah perang islam terbesar yang terjadi pada bulan syawal tahun 5 Hijriah atau 627 Masehi. Pengepungan ini dipelopori oleh pasukan Kafir Quraisy dan kaum Yahudi bani nadhir. Pengepungan dilakukan di madinah pada tanggal 23 Maret dan berlangsung selama 27 hari.

Awal mula perang ini terjadi akibat banyak orang-orang yahudi yang diusir dan ditempatkan di Khaibar. Hal ini membuat mereka kecewa dan kemudian merencanakan pengepungan.

Untuk melindungi kota Madinah dari pengepungan, pasukan muslim membuat parit-parit  di daerah yang belum terlindungi. Strategi ini sebenarnya berasal dari persia yang sering diterapkan dalam pertempuran tertentu. Pertempuran yang berlangsung selama satu bulan akhirnya dimenangkan oleh pasukan kaum muslimin.

5. Perang Tabuk

Perang Tabuk adalah sebuah perang yang terjadi antara kaum muslimin melawan pasukan dari kekaisaran Byzantium Romawi Timur. Perang Tabuk terjadi pada bulan Rajab tahun 9 Hijriah atau 630 Masehi. Hal yang melatar belakangi perang tabuk adalah misi balas dendam Kaisar Byzantium yang ingin melakukan pembalasan atas kekalahan saat perang mu’tah.

Kaisar Heraclius yang menyadari pasukan muslim untuk datang ke tabuk dengan cuaca yang panas akhirnya mengurungkan niat bertempur dengan pasukan muslim di Tabuk.

Baca Juga: 10 Tempat Terpanas di Dunia, Suhunya Sampai 65 Derajat?

6. Perang Yamamah

Sejarah perang islam terbesar di dunia selanjutnya yaitu Pertempuran Yamamah. Pertemurah ini terjadi pada Desember 632 Masehi di Yamamah. Perang ini terjadi antara Khalifah Abu Bakar melawan Musailamah al-Kazzab yang mengaku-ngaku dirinya sebagai nabi.

Pada saat itu, pasukan muslimin dipimpin langsung oleh Khalid bin Walid berjalan menuju Yamamah. Pertemuan ini berjalan cukup sengit namun akhirnya pasukan muslimin berhasil memukul mundur 7000 pasukan musuh untuk mundur.

7. Perang Yarmuk

Pertempuran Yarmuk merupakan perang islam terbesar yang terjadi antara kaum muslimin dengan kekaisaran Romawi Timur. Pertempuran ini juga menjadi salah satu sejarah perang terbesar di dunia karena menandakan pertempuran besar kaum muslimin di luar Arab. Perang ini dimenangkan oleh Khalid bin Walid yang membuat dirinya sebagai salah satu komandan militer terbaik.

Perang Yarmuk terjadi setelah wafatnya Nabi Muhammad pada 632 yang kemudian dilanjutkan oleh Khalifah Abu Bakar.

8. Perang al-Qadisiyyah

Pertempuran al-Qadisiyyah merupakan perang islam terbesar antara pasukan muslimin dengan pasukan Persia. Perang ini juga menjadi ekspansi islam yang berakhir dengan mengalahkan persia yang kemudian mengubah keyakinan mereka menjadi islam.

Khalifah Umar bin Khattab kemudian mengirim pasukan muslimin dalam jumlah yang banyak ke Irak di bawah pimpinan Sa’ad bin Abi Waqqash. Setelah perang dimenangkan oleh kaum muslimin, akhirnya wilayah yang dulu dibawah kekaisaran Persia menjadi daerah muslim hingga saat ini.

9. Penaklukan Konstantinopel

10 Perang Islam Terbesar Sepanjang Sejarah
Perang Islam Terbesar, Ottoman Empire (Image Source: turkinesia.net)

Penaklukan Konstantinopel dilakukan oleh pasukan Turki Utsmani di bawah kepemimpinan Sultan Muhammad Al Fatih atau Sultan Mehmed II dengan mengalahkan Kekaisaran Romawi Timur. Konstantinopel merupakan salah satu kona perekonomian terpenting pada abad pertengahan.

Pada 29 Mei 1453, Kekaisaran Turki Usmani berhasil menaklukan Kota Konstantinopel dan merupakan salah satu perang terbesar sepanjang sejarah islam.

Baca Juga: 10 Daftar Gurun Terluas di Dunia, Diantaranya berada di Asia!

10. Perang Salib

Yerussalem
Yerussalem (Image Source: Pixabay.com)

Perang Salib merupakan salah satu sejarah perang terbesar umat islam. Perang ini merebutkan kota suci yang bernama Yerusalem dan Tanah Suci (Palestina, Israel, Lebanon, dan Yordania).

Salahudin Ayyubi merupakan salah satu pemimpin yang cukup terkenal di dunia muslim dan kristen karena memiliki sifat yang ksatria dan mampu melawan tentara salib. Beliau juga berperan dalam sebuah kitab hadis yang bernama Abu Dawud.

Nah berikut artikel tetang 10 perang islam terbesar yang pernah ada sejak kepemimpinan Rasulullah SAW.

Bagikan:

Wait for you, I'lll buy your pride.