10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!

Perang Terbesar di Indonesia – Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat terkenal dengan keragaman hayatinya. Negara ini merdeka berkat kerja keras para pejuang masa lalu yang rela mengorbankan segalanya mulai dari waktu, tenaga, harta, hingga nyawanya sekaligus.

Dari sekian perang yang pernah terjadi di Indonesia, berikut ini 10 perang terbesar di Indonesia yang pernah terjadi.

1. Penyerbuan Batavia

10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!
Sultan Agung (Image Source: nasional.okezone.com)

Perang terbesar di Indonesia yang pertama yaitu Penyerbuan Batavia. Penyerbuan ini dilakukan oleh Sultan Agung yang merupakan raja dari Kesultanan Mataram. Beliau memimpin penyerbuan langsung ke Batavia pada tahun 1628 dan tahun 1629. Tujuan utama dalam penyerbuan ini untuk mengusir VOC dari tanah jawa.

Awal mulai permusuhan ini terjadi ketika pada tahun 1621, kerajaan Mataram menjalin hubungan kerjasama dengan VOC. Kedua belah pihak sepakat untuk saling mengirim duta besar. Namun, VOC ternyata tidak mau membantu kerajaan Mataram dalam menyerang Surabaya.

Akhirnya, hubungan diplomatik kedua belah pihak putus, Kemudian pada tanggal 22 Agustus 1628 Sultan Agung mengirim sebanyak 59 perahu yang membawa 900 prajurit di bawah Komando Tumenggung Bahureksa dari Kendal.

2. Perang Diponegoro

10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!
Pangeran Diponegoro (Image Source: nu.or.id)

Perang Diponegoro atau Perang Jawa merupakan perang terbesar di Indonesia yang memakan waktu hingga lima tahun. Perang ini berlangsung mulai dari tahun 1825 sampai 1830 di pulau Jawa. Perang ini juga menjadi perang terbesar belanda ketika pertama kali mendaratkan kaki di Nusantara.

Pada saat itu belanda dibawah pimpinan Jenderal Hendrik Merkus de Kock kewalahan dalam membendung serangan penduduk jawa di bawah pimpinan Pangeran Diponegoro. Akibat dari perang jawa, setidaknya terdapat 200.000 jiwa orang gugur dalam medan pertempuran. Sementara di pihak belanda sekitar 8.000 tentara dan 7.000 tentara pribumi.

Pada saat perang Jawa, Pangeran Diponegoro juga dibantu oleh Kyai Mojo yang merupakan salah satu pemimpin spiritual kala itu. Tidak hanya itu saja, Pangeran Diponegoro juga berkoordinasi dengan I.S.K.S Pakubuwana dan Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

3. Perang Gerilya Jenderal Soedirman

10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!
Jendral Soedirman (Image Source: sosok.grid.id)

Perang Gerilya Jenderal Soedirman merupakan perang terbesar di Indonesia yang terjadi pada tahun 1948 di Yogyakarta. Perang ini dipimpin langsung oleh Jendral Soedirman itu terjadi saat Agresi Militer Belanda II di Yogyakarta. Tujuan perang ini untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia setelah dilakukanya Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Latar belakang perang gerilya ini adalah kembalinya Belanda di Pulau Jawa pada tanggal 14 Desember 1948 yang ingin memutuskan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia, khususnya warga Yogyakarta. Penyerangan Belanda saat itu dimulai dari Pangkalan Udara Maguwo dan berlanjut hingga serangan darat.

Pada tanggal 19 Desember 1948 Belanda berhasil menguasai Yogyakarta dan Soekarno-Hatta selaku presiden dan wakil presiden Indonesia berhasil ditangkap.

Baca Juga: 10 Perang Terbesar di Dunia Berdasarkan Sejarahnya!

4. Pertempuran Surabaya

10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!
Tragedi 10 November (Image Source: Wikipedia Coomons)

Pertempuran Surabaya atau yang lebih dikenal sebagai peristiwa 10 November 1945 merupakan perang terbesar di Indonesia antara tentara dan milisi proklamasi indonesia dengan Britania Raya, dan Hindia Belanda. Pertempuran ini juga menjadi perang pertama Indonesia kepada pasukan asing setelah kemerdekaan Indonesia.

Awal-mula perang ini terjadi ketika pasukan sekutu mendarat di Surabaya pada akhir Oktober 1945. Pertempuran pecah pada tanggal 30 Oktober setelah Komandan Britania Raya yang bernama A.W.S Mallaby tewas dalam baku tembak. Kemudian Britania membalas serangan menggunakan pesawat tempur pada 10 November.

Setelah peristiwa 10 November, banyak dukungan dari rakyat Indonesia dan dunia Internasional terhadap kemerdekaan Indonesia semakin kuat. Pada 10 November kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional.

5. Bandung Lautan Api

10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!
Bandung Lautan Api (Image Source: Wikipedia Commons)

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa dimana kota Bandung dibakar habis-habisan oleh para pejuang Indonesia. Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada 23 Maret 1946. Hal itu dilakukan untuk mencegah tentara NICA Belanda untuk menggunakan Kota Bandung sebagai tempat militer mereka dalam perang melawan bangsa Indonesia.

Pada saat itu, Kota Bandung dibakar oleh TRI agar sekutu tidak menggunakan Bandung sebagai markas militer. Peristiwa itu menyebabkan kabut asap hitam mengepul dan melambung tinggi sehingga listrik saat itu mati total. Di Desa Dayeuhkolot, sebelah selatan Bandung terdapat sebuah gudang amunisi milik tentara sekutu.

Dua pejuang BRI (Barisan Raktjat Indonesia) yang bernama Muhammad Toha dan Muhammad Ramdan berhasil menghancurkan gudang amunisi tersebut.

6. Puputan Margarana

10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!
Perang Puputan Margarana (Image Source: Goggle.com)

Pertempuran Margarana merupakan perang terbesar di Indonesia antara pejuang Indonesia dengan tentara Belanda yang terjadi pada 20 November 1946. Perang ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Sunda Kecil yaitu Kolonel I Gusti Ngurah Rai. Beliau bersama pasukan TKR bertempur mati-matian untuk mengusir pasukan Belanda.

Tujuan utama dari puputan margarana yaitu untuk merebut wilayah Jepang yang dikuasai oleh Belanda. Namun I Gusti Ngurah Rai bersama pasukannya gugur dalam medan pertempuran yang kemudian dikenal sebagai Puputan pada awal kemerdekan Indonesia.

Baca Juga: 10 Perang Islam Terbesar Sepanjang Sejarah

7. Operasi Trikora

10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!
Operasi Trikora (Image Source: Goggle.com)

Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat) merupakan sebuah konflik selama 2 tahun untuk menggabungkan Irian Barat. Pada Desember 1961, Presiden Indonesia saat itu Soekarno mengumumkan Operasi Trikora di Alun-alun Utara Yogyakarta. Kemudian beliau membentuk Komando Mandala yang dipimpin langsung oleh Jenderal Soeharto.

Jenderal Soeharto kemudian mendapatkan tugas untuk merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk merebut Irian Barat ke pangkuan ibu pertiwi. Operasi itu berjalan cukup sengit, namun Indonesia berhasil merebut Irian Barat berkat bantuan militer berupa Kapal, Pesawat Tempur, dan peralatan perang lainya dari Uni Soviet.

8. Perang Aceh

10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!
Perang Terbesar di Indonesia, Perang Aceh (Image Source: Facebook)

Perang Aceh merupakan perang terbesar di Indonesia yang terjadi antara Kesultanan Aceh melawan Belanda. Perang Aceh berlangsung pada tahun 1973 sampai 1904 dan merupakan salah satu perang terpanjang di Indonesia. Pada Januari 1904 Kesultanan Aceh menyerang pasukan Belanda dengan Bergerilya.

Pada tanggal 26 Maret 1973 Belanda memutuskan untuk berperang melawan Aceh, dan mulai menyerang pertahanan rakyat Aceh menggunakan meriam dan kapal perang Citadel van Antwerpen. Kemudian Belanda dibawah pimpinan Johan Harmen Rudolf Kohler berhasil menguasai Masjid Raya Baiturrahman.

9. Pertempuran Ambarawa

10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!
Pertempuran Ambarawa (Image Source: sejarahone.id)

Pertempuran Ambarawa merupakan salah satu perang terbesar di indonesia setelah kemerdekaan. Perang ini terjadi antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan Belanda dan Inggris di Ambarawa. Peristiwa pertempuran itu juga dikenal sebagai Palagan Ambarawa.

Pertempuran Ambarawa terjadi pada tanggal 20 November sampai 15 Desember 1945. Hal yang melatarbelakangi pertempuran ini adalah kedatangan tentara Inggris di Semarang pada 20 Oktober 1045.

10. Pertempuran Medan Area

10 Perang Terbesar di Indonesia dan Sejarahnya, Lengkap!
Pertempuran Medan Area (Image Source: sejarahlengkap.com)

Pertempuran Medan Area merupakan perang terbesar di Indonesia yang melibatkan rakyat medan dengan tentara sekutu. Pada saat itu pimpinan T.E.D Kelly mendaratkan pasukan inggris yang diikuti oleh tentara NICA yang sudah dipersiapkan untuk melancarkan misi mengambil alih pemerintahan.

Pada saat itu juga, seorang perampas menginjak-injak lencana merah putih yang dipakai oleh seorang pemuda Indonesia. Hal tersebut yang membuat kemarahan pemuda Indonesia dan terjadilah perlawan oleh barisan pemuda dan TKR melawan sekutu dan NICA.

Nah berikut di atas merupakan artikel dari sarjanatua.com tentang 10 perang terbesar di Indonesia yang terjadi selama pasca kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan.

Bagikan:

Wait for you, I'lll buy your pride.